Sabtu, 24 November 2018

Ingin Menjalani Proses Bayi Tabung? Baca Persyaratannya

Jika Anda sudah menikah lebih dari 5 tahun dan belum memiliki anak, maka proses bayi tabung bisa dicoba. Program ini bisa dilakukan di rumah sakit di Indonesia, tak usah jauh-jauh periksa ke Singapura atau Jepang. Saat ingin punya bayi dari program bayi tabung, Anda harus menyiapkan dana setidaknya 20 juta Rupiah. Apa saja persyaratan yang lain?

Ingin Menjalani Proses Bayi Tabung? Baca Persyaratannya

Buku Nikah
Jika Anda ingin memiliki anak dari program bayi tabung, maka harus menyiapkan buku nikah dan fotokopinya. Buku itu harus ditunjukkan sebagai bukti Anda dan suami adalah pasangan yang resmi. Jika ada pasangan yang baru bertunangan atau hanya pacaran, maka program bayi tabung mereka akan ditolak oleh pihak rumah sakit.

Usia Istri
Saat periksa ke dokter spesialis kandungan, maka usia Anda akan ditanya. Jika usia masih relatif muda (baru 22-26 tahun), maka akan dilakukan pemeriksaan sel telur dan sperma. Jika hasilnya normal, maka Anda akan disuruh menunggu hingga 2 tahun. Setelah 2 tahun apa Anda belum hamil? Maka dokter baru akan merekomendasikan program bayi tabung.

Pemeriksaan 
Akan ada beberapa pemeriksaan terkait kesehatan organ dalam Anda dan suami. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui, apakah ada kelainan di rahim istri sehingga sulit hamil? Jika sudah dilakukan USG dan hasilnya normal, maka suami akan diperiksa kualitas spermanya. Ia akan diminta menjaga kesehatan dan pola makan demi kualitas sperma yang baik.

Selain USG dan pemeriksaan sperma, akan ada tes lain berupa pemeriksaan darah. Jika di Rumah sakit tempat Anda pemeriksa belum ada laboratorium darah yang baik, maka akan dirujuk ke lab darah milik swasta. Anda dan suami akan diperiksa darahnya sehingga terlihat apakah aliran darah di dalam tubuh lancar atau tersendat.

Tes yang lain sebelum dilakukan proses bayi tabung adalah pemeriksaan di saluran telur (uji HSG). Saat tes ini akan terlihat apakah di saluran telur ada polip, kista, atau kanker yang tidak terlihat hanya dengan USG. Jika Anda memiliki kista, maka harus dioperasi terlebih dahulu. Kesehatan Anda lebih diutamakan, baru dokter akan memberi jalan untuk program bayi tabung.

Diet
Diet di sini bukan untuk menurunkan berat badan, melainkan cara menjaga pola makan. Berhentilah untuk mengkonsumsi fast food dan makanan berlemak lainnya. Ganti dengan konsumsi sayur dan buah segar. Anda wajib minum 2 liter air dalam sehari. Jangan terlalu banyak makan camilan yang mengandung MSG.

Saat proses bayi tabung, Anda harus sabar karena bisa berhasil namun juga bisa gagal. Sebelum ikut program bayi tabung, sebaiknya Anda menjaga pola makan dengan makanan bergizi dan rendah lemak. Wajib wajib periksa rahimnya melalui USG maupun tes HSG. Suami juga wajib diperiksa kadar kesuburan pada spermanya. Selamat menjalani program hamil.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ordered List

Sample Text

Definition List